INSAN CENDEKIA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 3 (2024): INSAN CENDEKIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Guru PJOK Sekolah Dasar di Kota Semarang

Setyawati, Heny (Unknown)
Kurniawan, Wahyu Ragil (Unknown)
Subardi, Muhammad Bakhtiar (Unknown)
Rizqananda, Ayutisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Indonesia merupakan bangsa yang mempunyai banyak ragam budaya yang berbeda-beda. Hal ini merupakan tantangan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan baik tanpa membedakan budaya. Kegiatan pembelajaran harus disesuaikan dengan keberagaman siswa di kelas, pengabdian ini dilaksanakan di Aula lantai 02 SD N Sekaran 1 Gunung pati Semarang, diikuti oleh 36 guru olahraga. Disini peran guru adalah merangkul dan menyetarakan perbedaan individu, memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan pada siswa. Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) adalah salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk membantu guru mengajar siswa di lingkungan yang berlatar belakang budaya yang berbeda-beda dan meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Permasalahan yang di temukan, Guru belum memahami konsep pendekatan pembelajaran CRT sehingga belum memiliki rancangan pembelajaran maupun media pembelajaran dengan pendekatan CRT. Pengenalan pendampingan guru PJOK mengenai pengalaman belajar pentingnya budaya, pengetahuan berbudaya, melestarikan budaya Indonesia dengan pendekatan pembelajaran CRT dengan membuat modul ajar dan video pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

insancendekia

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal INSAN CENDEKIA menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan hilirisasi hasil penelitian ilmiah kuantitatif maupun kualitatif berbasis komunitas kedalam format pengabdian masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan mencakup: 1. Sosial, 2. Kependidikan, 3. ...