Minat mempengaruhi kemampuan anak mempelajari sesuatu. Bagi guru, anak-anak dengan semangat belajar akan lebih mudah membimbing mereka dalam mencapai prestasi belajar yang optimal. Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan menurunnya minat belajar, seperti jumlah media pembelajaran yang terbatas dan tidak menarik, fasilitas pendidikan yang buruk, kualitas pembelajaran, dan kurangnya keterlibatan orang tua dalam membimbing pendidikan anak. Kurangnya minat belajar ini menyebabkan penurunan kecerdasan yang signifikan. Solusi yang ditawarkan berupa menyediakan lingkungan belajar kreatif berupa bimbingan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar dalam meningkatkan minat belajar anak-anak di Nagari Salimpaung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek Penelitian ini adalah anak-anak sekolah dasar yang berada di Nagari Salimpaung khususnya jorong Nan II Suku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar anak meningkat dibuktikan dengan antusisme anak dalam menghadiri dan menjawab pertanyaan pembimbing, jumlah anak yang tidak membuat tugas sudah berkurang, dan anak-anak yang biasanya malas belajar sudah menunjukkan minat belajar yang signifikan.
Copyrights © 2024