Ability : Journal of Education and Social Analysis
Volume 5 Nomor 3 Juli 2024

Demi Kau Dan Si Dia Melalui Budaya Pendampingan Komunitas Belajar

Adyanto, Poniman (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang pendampingan penilik dengan pendekatan strategiā€ Mewujudkan Inovasi dan Kompetensi Antar Guru PAUD Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di Era Digital Melalui Budaya Pendampingan Komunitas Belajar. Penelitan ini memgungkap kondisi guru-guru PAUD yang masih rendah inovasi dan kompetensinya di dalam memahami dan melaksanakan kurikulum merdeka dengan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Penelitian ini melibatkan 16 satuan PAUD atau 64 orang guru PAUD dengan metode kualitaifit deskriftif yang dilakukan di Kecamatan Pagar Marbau. Hasil pemetaan dan evaluasi inovasi dan komptensi guru PAUD di dalam memahami kurikulum Merdeka dan pembelajaran berdiferensiasi baru 8,75 % atau 12 orang guru dari 64 orang . Dasar penelitian ini keberadaan penilik dalam memberikan pendampingan guru di dalam meningkatkan kualitas layanan kepada peserta didik. Lokasi penelitian ini pada Gugus PAUD di Kecamatan Pagar Marbau pada bulan Juli sampai dengan September 2024 dengan subjek penelitian pendidik PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik PAUD sudah melakukan inovasi dan meningkatkan kompetensi sebanyak 81,25 % atau 52 orang. Kesimpulannya pendampingan Demi Kau Dan Si Dia Melalui Kombel dinyatakan berhasil.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal Ability mengundang para Dosen, sarjana, peneliti, dan mahasiswa untuk menyumbangkan hasil studi dan penelitiannya di bidang yang berkaitan dengan Pendidikan, yang meliputi studi tekstual dan lapangan dengan berbagai perspektif, Manajemen Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Teknologi ...