Indonesian Journal of Accounting and Business
Vol 6 No 1 (2024): Indonesian Journal of Accounting and Business

Pengaruh Exchange Rate, Harga, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Beli Produk Pada Aplikasi Weverse Shop Pada Komunitas Moa Indonesia di Twitter

Gusviarti, Era Putri (Unknown)
Karmawan (Unknown)
Vebtasvili (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh exchange rate, harga, dan fitur layanan terhadap minat beli produk pada aplikasi Weverse Shop pada Komunitas MOA Indonesia di Twitter. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan MOA Indonesia di Twitter sebagai sampel. Variabel independen pada penelitian ini adalah exchange rate, harga, dan fitur layanan, sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah minat beli. Sampel pada penelitian ini berjumlah 77 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik, uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan sampel yang berjumlah 77 orang maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Exchange rate tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli produk pada aplikasi Weverse Shop pada Komunitas MOA Indonesia di Twitter yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi lebih besar dari 0,05. Jenis exchange rate yang digunakan maupun tinggi rendahnya exchange rate yang berlaku saat melakukan transaksi pembelian tidak mempengaruhi minat beli. (2) Harga memiliki pengaruh atau berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk pada aplikasi Weverse Shop pada Komunitas MOA Indonesia di Twitter yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05. Individu cendrung mempertimbangkan apakah harga sesuai dengan kualitas dan manfaat yang diberikan, membandingkan harga serta keterjangkauan harga dari produk tersebut. (3) Fitur layanan memiliki pengaruh atau berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk pada aplikasi Weverse Shop pada Komunitas MOA Indonesia di Twitter yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05. Fitur layanan yang tersedia dapat mempengaruhi individu untuk menggunakan sebuah aplikasi. Fitur layanan yang lengkap dan memadai dapat meningkatkan minat beli pada sebuah aplikasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Indonesian Journal of Accounting and Business, is a scientific Journal as a forum for academicians and practitioners in pouring the results of scientific works, both quantitative and qualitative. IJBE is published by Accounting Departement Faculty of Economics, Universitas Bangka Belitung, ...