Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian literatur tentang penggunaan media mind mapping dalam keterampilan menulis puisi peserta didik di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari pengumpulan artikel, reduksi artikel, display artikel, pembahasan, dan kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel-artikel jurnal nasional dalam 10 tahun terakhir (2013-2023). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 artikel didapatkan 10 artikel yang sesuai dengan topik judul. Penggunaan media mind mapping dalam keterampilan menulis puisi peserta didik di sekolah dasar pada pelaksanaannya sudah sesuai dengan teori-teori yang dijadikan rujukan. Penggunaan media mind mapping dalam keterampilan menulis puisi peserta didik di sekolah dasar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Penggunaan media mind mapping begitu efektif dan efisien, sehingga mampu memberikan daya tarik dari siswa untuk fokus dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung.
Copyrights © 2025