COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 8 No. 1 (2025)

Pengembangan media kartu kuartet sifat-sifat bangun ruang untuk peserta didik kelas V sekolah dasar

Maulani, Dena (Unknown)
Karlimah, Karlimah (Unknown)
Apriani, Ika Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media kartu kuartet sifat-sifat bangun ruang untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Educational Design Research (EDR) dengan model McKenney & Reeves yang terdiri dari analisis dan eksplorasi, desain dan kontruksi, serta evaluasi dan refleksi. Penilitian ini meperoleh penilaian melaui tahap validasi produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 90% dengan kriteria “Sangat Baik” dan ahli media mendapatkan persentase 94% dengan kriteria “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan hasil validasi produk media kartu kuartet dikatakan layak untuk diuji cobakan, selanjutnya tahap uji coba produk dilakukan sebanyak dua kali. Hasil Uji coba pertama di kelas V A respon peserta didik mendapatkan persentase 93,07% dengan kriteria “Sangat Praktis” dan respon guru 92,8% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Selanjutnya, uji coba kedua di kelas V B respon peserta didik mendapatkan persentase 94,61% dengan kriteria “Sangat Praktis” dan respon guru 90,67% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sehingga produk akhir pada penelitian ini adalah media kartu kuartet berisi materi sifat-sifat bangun ruang untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar yang disesuaikan dengan Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran. Diharapkan media kartu kuartet menjadi opsi pemilihan media pembelajaran pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar karena layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...