COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 7 No. 6 (2024)

Analisis miskonsepsi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan melalui tes essay tertulis disertai CRI di kelas V sekolah dasar

Febrianti Rahmawati, Syifa (Unknown)
Karlimah, Karlimah (Unknown)
Putri, Agnestasia Ramadhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Pemahaman suatu konsep perlu diperhatikan dengan benar sebab apabila salah dalam penerapan konsep maka dapat menyebabkan miskonsepsi seperti yang sempat ditemui permasalahan tersebut dalam suatu tes di SDN Sukahurip. Miksonsepi yang terlihat yaitu dalam konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berpenyebut berbeda. Maka diadakan penelitian lebih lanjut mengenai materi matematika pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan melalui tes essay tertulis agar dapat terlihat jelas bagaimana pengerjaan peserta didik dalam menerapkan konsep tersebut. Agar mendukung dalam penelitian ini juga menggunakan CRI sebagai tolak ukur dalam menganalisis miskonsepsi peserta didik. Analisis ini juga dibagi kedalam 3 kategori yaitu peserta didik peringkat tinggi, sedang, dan rendah sebagai pembeda dari penelitian-penelitian yang sudah ada. Sehingga dengan pengkategorian tersebut dapat memudahkan penulis untuk mengetahui miskonsepsi antar ketiga kategori itu terdapat persamaan atau tidaknya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...