Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 2 No. 2 (2025): Januari

Menggali Potensi Siswa: Peran Gaya Belajar Dalam Proses Pendidikan

Fikatul Hikmah (Unknown)
Loeziana Uce (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Pendidikan merupakan proses yang penting untuk mengembangkan potensi individu, tidak hanya dalam bidang akademik tetapi juga dalam pembentukan karakter dan kemampuan sosial. Salah satu aspek krusial dalam pendidikan adalah memahami gaya belajar siswa, yang mencakup visual, auditorial, dan kinestetik. Gaya belajar yang tepat dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, membantu siswa memahami materi dengan lebih baik, dan mengoptimalkan potensi mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur untuk menganalisis peran gaya belajar dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap gaya belajar siswa dapat memperbaiki metode pengajaran, meningkatkan kemampuan akademik, serta memotivasi dan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik masing-masing memiliki karakteristik yang mempengaruhi cara siswa memproses informasi, yang penting untuk dikembangkan dalam upaya menggali potensi siswa secara maksimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penyesuaian metode pembelajaran dengan gaya belajar siswa berpotensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan membantu siswa menjadi individu yang mandiri dan kompeten.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...