Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 2 No. 2 (2025): Januari

Menghidupkan nilai-nilai akhlak melalui Istighosah Akbar dalam mempersiapkan UAS pada siswa MI

Luluk Nurul Aini (Unknown)
Qoni'atul ‘Athiya (Unknown)
Miftakhul Rosyida (Unknown)
M. Romadhon Habibullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Artikel ini membahas tentang implementasi kegiatan Istighosah Akbar dalam membangun nilai-nilai akhlak dan spiritual siswa di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam menghadapi ujian akhir sekolah. Metode penelitian menggunakan kajian pustaka untuk menganalisis teori dan praktik terkait pendidikan berbasis spiritualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Istighosah dapat membantu siswa menenangkan emosi, meningkatkan rasa percaya diri, dan menanamkan nilai-nilai keagamaan seperti tawakal, keikhlasan, dan kedisiplinan. Kegiatan ini juga memberikan dukungan emosional dan spiritual yang berdampak positif pada keberhasilan akademik dan pembentukan karakter siswa. Peran guru dan orang tua sebagai pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ini sangat penting untuk keberhasilan proses pendidikan karakter. Kesimpulan artikel ini adalah bahwa Istighosah tidak hanya menjadi media doa, tetapi juga alat pendidikan yang efektif dalam membentuk moral dan spiritual generasi muda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...