Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 7, No 3 (2024)

Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Matematika

Wahyuni, Fina Tri (Unknown)
Rouf, Muhammad Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan menghafal Al- Qur’an terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Tahfidh Yanbuul Qur’an Menawan Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Tahfidh Yanbuul Qur’an Menawan Kudus dengan jumlah peserta didik kelas VIII adalah 161 orang. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dimana sampel diambil secara acak tanpa memperhatikan rata-rata populasi. Dalam penelitian ini, peneliti memilih kelas VIII D dengan jumlah 32 peserta didik sebagai sampel penelitian. Penelitian dilakukan dengan teknik tes, angket dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Analisis regresi linier sederhana ini sebelumnya dilakukan uji analisis kondisional dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Tahfidh Yanbuul Qur’an Menawan Kudus, (2) Besarnya pengaruh kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar matematika adalah 73,7%, sehingga semakin tinggi kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik maka akan meningkatkan prestasi belajar matematikanya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...