Indonesia mempunyai potensi besar untuk pengembangan berbagai sektor, termasuk pariwisata. Strategi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan mempertahankan keinginan untuk kembali sangat penting bagi pengembangan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi terhadap pengembangan potensi wisata air terjun Aek Martua di Kabupaten Rokan Hulu dengan pendekatan berkelanjutan. Metode yang dipergunakan yakni analisis SWOT dengan melakukan identifikasi faktor dalam (internal) dan faktor luar (eksternal) yang mempengaruhi perkembangan pariwisata. Hasil analisis menunjukkan bahwa destinasi wisata Kabupaten Rokan Hulu Air Terjun Aek Martua mempunyai kekuatan dan peluang yang bisa dioptimalkan, sehingga strategi yang tepat adalah menggunakan strategi SO atau Strenght Opportunities guna pengembangan usaha tersebut, serta mendapat dukungan dengan strategi pertumbuhan agresif atau Growth Oriented Startegy. Beberapa pemangku kepentingan yang berkepentingan dengan pengembangan objek wisata air terjun Aek Martua di wilayah Rokan Hulu antara lain pemerintah kota, dinas pariwisata, pendiri/pengelola pariwisata dan juga masyarakat setempat. Analisis SWOT menunjukkan bahwa objek wisata Air Terjun Aek Martua di Kabupaten Rokan Hulu dapat dikembangkan menjadi objek wisata alam oleh pengelola karena dapat menjaga kualitas pelayanan yang memuaskan dan inovasi ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
Copyrights © 2024