Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, inovasi produk dan daya tarik wiasata terhadap minat kunjung ulang wisatawan pada objek wisata Pantai Balat di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data yang menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yaitu masyarakat KSB yang pernah mengunjungi objek wisata Pantai Balat di Kabupaten Sumbawa Barat. Untuk menganalisis data, digunakan teknik Partial Least Square (PLS) yang termasuk dalam bidang Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang pada objek wisata Pantai Balat KSB, selanjutnya, inovasi peroduk juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang pada objek wisata Pantai Balat KSB. Kemudian, daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang pada objek wisata Pantai Balat KSB. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Pantai Balat di Kabupaten Sumbawa Barat memiliki potensi signifikan untuk memaksimalkan kualitas layanan, meningkatkan inovasi produk, dan memaksimalkan potensi kunjungan wisatawan. Selain itu, Pantai Balat juga dapat meningkatkan pendapatan pariwisata dan berkontribusi secara positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. Dengan demikian, Pantai Balat berpeluang besar untuk memperkuat posisinya sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di daerah tersebut, serta menarik lebih banyak wisatawan untuk kembali mengunjungi destinasi ini di masa depan.
Copyrights © 2024