ClassPoint merupakan media pembelajaran interaktif yang memiliki banyak fitur, khususnya pada fitur kuis interaktifnya yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat meningkatkan minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tau tidaknya pengaruh penggunaan ClassPoint sebagai media pembelajaran terhadap peningkatan minat belajar siswa SMP Negeri 17 Medan Kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitiian menggunakan pretest-posttest control group design danmenggunakan teknik random sampling untuk pemilihan sampel. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medanyang berjumlah 10 kelas. Sampel pada penelitian ini ada dua kelas yaitu, kelas VII-8 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-10 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing jumlah siswa dalam satu kelas 32 orang. Sehingga total sampel pada penelitian ini adalah 64 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket yang sudah divalidasi oleh ahli, yaitu 2 dosen pendidikan matematika UNIMED dan 1 guru matematika SMP Negeri 17 Medan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan IBM SPSS 25 (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian yang didapat dengan uji hipotesis menggunakan uji-t (Independent Samle t-test) yang diperoleh signifikansi 0,000 < 0,050 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dan hasil peneliitian yang dilakukan dengan analisis n-gain pada peningkatan minat yang diperoleh pada kelas eksperimen adalah 0,5120 (sedang) dan 0,0037 (rendah) pada kelas kontrol).Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan ClassPoint sebagai media pembelajaran terhadap penigkatan minat belajar siswa.. Kata Kunci: peningkatan minat belajar siswa, eksperimen semu, ClassPoint.
Copyrights © 2025