Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode strategi debat dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI) dan mengidentifikasi berbagai klasifikasi serta urgensinya. Metode yang digunakan adalah metode studi lapangan dengan mengumpulkan beberapa sumber observasi berupa wawancara dan dokumentasi yang otoritatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi dan teori pembelajaran aktif.. metode debat Debat merupakan proses komunikasi lisan yang melibatkan pertukaran pendapat dengan tujuan mempertahankan argumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode debat memiliki peran penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). metode debat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar, dengan fungsi utama menyediakan informasi dan pengetahuan yang diperlukan untuk pengembangan kompetensi siswa. Penelitian ini juga mengklasifikasikan metode debat menjadi dua teori utama yaitu teori komunikasi dan teori pembelajaran aktif dan metode debat yang dimanfaatkan dari lingkungan pendidikan atau masyarakat sekitar. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan metode strategi debat yang berbagai jenis untuk melahirkan pengalaman belajar yang lebih ampuh serta berguna untuk siswa dalam memahami ajaran agama Islam
Copyrights © 2025