Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup hedonic dan nilai social terhadap loyalitas pelanggan berbelanja online pada marketplace. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data yang dikumpulkan melalui kuesioner dari konsumen marketplace yang mempunyai kebiasaan berbelanja online. Dengan menggunakan model persamaan sekuensial (SEM), kumpulan data dianalisis untuk mengamati signifikansi hubungan untuk melihat peran atau pengaruh dari gaya hidup hedonic dan nilai social terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian explanatory research dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang diambil dari populasi konsumen pengguna marketplace. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dengan karakteristik sampel seperti usia, pekerjaan, penghasilan.Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini beupa ujivaliditas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan uji f. Hasil dari penelitian terdapat pengaruh hedonic lifestyle dan social value terhadap customer loyalty dibuktikan degan nilai signifikansi <,0.01 dimana lebih kecil dari nilai alpha 0,05. Penelitian ini menyoroti bahwa gaya hidup hedon dan nilai social berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dalam kebiasaan berbelanja pada marketplace yang dibuktikan dengan hasil penelitian sebesar 73,6 % variable X1 dan X2 berpengaruh terhadap variable Y, dimana Hedonic Lifestyle dan Social Value memiliki pengaruh positif terhadap Customer Loyalty. Kata kunci: Hedonic,Marketplace, Loyalty, Effect, Shopping Habits
Copyrights © 2024