U-Turn merupakan saIah satu fasilitas pada jalan untuk melakukan perubahan arah. SaIah satu pengaruh ketika melakukan gerakan U-Turn yaitu perubahan kecepatan kendaraan dimana kecepatannya akan menurun dan berhenti. Kemacetan ini teratasi jika ada petugas dari kepolisian atau dishub, akan tetapi jika ada pengatur IaIu Iintas Iiar atau yang biasa dipanggil pak 0gah, seharusnya sama pengaruhnya degan pengatur lalu lintas resmi, akan tetapi menurut opini masyarakat adalah sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kecepatan, antrean, dan tundaan yang terjadi saat adanya pengatur IaIu Iintas Iiar dan tanpa adanya pengatur IaIu Iintas Iiar . Data lapangan diambil pada hari Senin 10 Juni 2024 dan hari Sabtu 15 Juni 2024 dari jam 06:30 – 10:30. Pengatur IaIu Iintas Iiar muncul pada jam 07:30 – 08:30, kemudian muncul kembali pada jam 10:00 – 11:00. Berdasarkan analisis data lapangan yang diperhitungkan, jika pada waktu kemunculannya pengatur lalu lintas liar terjadi perbedaan kecepatan, antrean, dan tundaan yang menyebabkan semakin terjadi kemacetan.
Copyrights © 2024