Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi interaksi sosial yang terdapat pada film series AlRawabi School for Girls Season 2 yang menggunakan pendekatan semiotika oleh Charles Sanders Peirce.Metode yang digunakan ialah metode deskriptif yang menganalisis berdasarkan semiotika. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa interaksi sosial pada film series AlRawabi School for Girls Season 2 terdapat interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Interaksi sosial asosiatif terdapat pada adegan 3 dan 4. Sedangkan, interaksi sosial disosiatif terdapat pada adegan 1, 2, 4, 5, dan 6. Simpulan ini menunjukkan interaksi sosial yang terjadi pada film series AlRawabi School for Girls Season 2 ini merupakan representasi kehidupan remaja di sekolah terutama dalam hal perundungan yang sering terjadi di sekolah. Melalui proses disosiatif dan asosiatif, serial ini memberikan gambaran yang mendalam tentang tantangan sosial di sekolah, seperti perundungan, hierarki kekuasaan, solidaritas, dan kerja sama. Kajian ini memberikan pesan moral untuk memahami dan mengelola hubungan sosial demi menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan suportif. Kata Kunci: Film, Interaksi Sosial, Semiotika
Copyrights © 2024