Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan platform media sosial untuk pembelajaran keterampilan berbicara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode survei. Empat bagian dalam survei, yaitu: 1) demografi, 2) latar belakang penggunaan platform media sosial, 3) patform yang sering digunakan, dan 4) waktu yang digunakan. Subyek penelitian ini terdiri dari 70 mahasiswa semester II di STIS Muhammadiyah Tarakan. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan wawancara, Instrumen penelitian pertanyaan dalam kuesioner yang terdiri dari 21 pertanyaan. Data penelitian ini dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform media sosial yang digunakan mahasiwa di STIS Muhammadiyah Tarakan berupa whatsApp gruop, google classroom, zoom, telegram. Mahasiswa memiliki persepsi respon positif dan respon negatif terhadap penggunaan platform media sosial untuk pembelajaran keterampilan berbicara. Dari keduanya diketahui respon positif lebih banyak dirasakan oleh mahasiswa dari pada respon negatif terkait penggunaan platform media sosial untuk keterampilan berbicara. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Media Sosial, Pembelajaran, Persepsi
Copyrights © 2024