Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
Vol. 7 No. 1 (2024): (November)

PENGEMBANGAN GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM AC

Khoiruddin, Muhammad Alfa (Unknown)
Iskandar, Ranu (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Proses pembelajaran belum sepenuhnya memanfaatkan media pembelajaran yang menarik, sehingga mengakibatkan suasana belajar yang monoton. Permasalahan tersebut mengakibatkan menurunnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran gamifikasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar serta mengetahui respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran gamifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dan desain pre-experimental dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran gamifikasi sangat layak digunakan berdasarkan penilaian ahli media sebesar 91,51%, ahli materi sebesar 95,60%, dan ahli bahasa sebesar 87,27%. Media pembelajaran gamifikasi dapat meningkatkan motivasi belajar kategori sedang dengan nilai gain sebesar 0,558 dan dapat meningkatkan hasil belajar kategori sedang dengan nilai gain sebesar 0,598. Respon siswa sangat baik dengan persentase 89,13%. Kesimpulannya adalah pengembangan media pembelajaran gamifikasi sistem AC sangat layak digunakan, dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar, serta mendapatkan respon positif dari siswa. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpvo

Publisher

Subject

Humanities Automotive Engineering Education Energy Transportation

Description

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif dipublikasikan dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan November oleh Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif bertujuan untuk mempromosikan secara komprehensif kajian teoritik dan empirik ...