Proses pembelajaran belum sepenuhnya memanfaatkan media pembelajaran yang menarik, sehingga mengakibatkan suasana belajar yang monoton. Permasalahan tersebut mengakibatkan menurunnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran gamifikasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar serta mengetahui respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran gamifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dan desain pre-experimental dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran gamifikasi sangat layak digunakan berdasarkan penilaian ahli media sebesar 91,51%, ahli materi sebesar 95,60%, dan ahli bahasa sebesar 87,27%. Media pembelajaran gamifikasi dapat meningkatkan motivasi belajar kategori sedang dengan nilai gain sebesar 0,558 dan dapat meningkatkan hasil belajar kategori sedang dengan nilai gain sebesar 0,598. Respon siswa sangat baik dengan persentase 89,13%. Kesimpulannya adalah pengembangan media pembelajaran gamifikasi sistem AC sangat layak digunakan, dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar, serta mendapatkan respon positif dari siswa.
Copyrights © 2024