Inovasi Samsat Virtu Kota Bengkulu merupakan sebuah terobosan yang dibentuk agar dapat memberikan pelayanan publik pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan lebih praktis, dimana Samsat Virtu hadir sebagai alternatif tempat pembayaran pajak diluar waktu pelaksanaan kerja seperti biasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui pelaksanaan inovasi layanan yang dibentuk oleh Kantor SAMSAT melalui layanan Samsat Virtu Kota Bengkulu dilihat dari persepsi masyarakat dalam Borril CS et All dengan aspek ketersediaan, aksesibilitas, keterjangkauan, dan penerimaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian yang dilakukan oleh penulis ialah bahwa Inovasi Samsat Virtu Kota Bengkulu telah terlaksana dan terselenggara dengan baik. Namun masih terdapat sedikit kekurangan, yakni pada aspek ketersediaan dimana belum tersedianya plang pembatas parkir kendaraan. Pada aspek aksesibilitas sudah tersedia dengan baik berkenaan dengan informasi jadwal dan lokasi yang terjangkau sehingga mudah ditemukan. Pada aspek keterjangkauan telah sesuai dengan SOP yang berlaku dimana pengenaan biaya pembayaran PKB telah disesuaikan dengan hitungan yang ditentukan. Pada aspek penerimaan sudah terselenggara dengan begitu baik karena adanya petugas yang kompeten dalam memberikan layanan sehingga masyarakat wajib pajak merasa nyaman dan aman dalam melakukan pembayaran PKB di Samsat Virtu.
Copyrights © 2024