Sublim: Jurnal Pendidikan
Vol 3 No 2 (2024): Sublim: Jurnal Pendidikan

Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa

Farhan, Irfan (Unknown)
Jamila, Jamila (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan dalam belajar siswa melalui penerapan layanan bimbingan kelompok. penelitian ini dilakukan di UPTD SMP Negeri 6 pada tahun akademik 2024/2025. objek dalam penelitian ini berjumlah 7 siswa di kelas VIII yang menunjukkan tanda-tanda penurunan kedisiplinan dalam belajar dengan menggunakan teknik proposive sampling. Penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian ini diperoleh melalui empat kali pemberian layanan kepada siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa Kelas VIII UPTD di SMP Negeri 6 Kisaran telah menunjukkan keberhasilan dan peningkatan, sehingga siswa lebih disiplin dan lebih bertanggung jawab terhadap dirinya dan sekuruh tugas yang diberikan oleh guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Sublim

Publisher

Subject

Education Other

Description

Sublim: Jurnal Filsafat, Pendidikan Seni Budaya dan Pedagogy is a journal containing the results of research/non-research studies related to arts and arts education, including fine arts and performing arts (dance, music, puppetry, and karawitan). ...