cover
Contact Name
ELIHAMI
Contact Email
elihamid72@gmail.com
Phone
+6281339859730
Journal Mail Official
elihamid72@gmail.com
Editorial Address
Jalan Jendral Sudirman No. 17, Enrekang Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan
Location
Kab. enrekang,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Sublim: Jurnal Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 29855357     DOI : -
Core Subject : Education,
Sublim: Jurnal Filsafat, Pendidikan Seni Budaya dan Pedagogy is a journal containing the results of research/non-research studies related to arts and arts education, including fine arts and performing arts (dance, music, puppetry, and karawitan). S
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 92 Documents
Analisis Buku Ajar Tematik Materi Pokok IPS MI/SD Laila Fajrin
Sublim: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 1 (2022): Sublim: Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.737 KB) | DOI: 10.33487/sublim.v1i1.248

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku ajar kelas V kurikulum 2013 revisi 2017, sehingga dapat mengantarkan siswa untuk terlatih berfikir kritis, analitis, komunikatif dan memiliki wawasan yang mampu membentuk siswa menjadi pribadi yang berkarakter. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil analisis yang didapatkan oleh penulis menyatakan bahwa ruang lingkung materi IPS MI/SD sudah relevan dengan permendikbud nomor 21 tahun 2016. Untuk karakteristik materi IPS MI/SD dilihat dari aspek tujuan, ruang lingkup materi dan pendekatan pembelajaran. Struktur kurikulum IPS MI relevan dengan KMA nomor 184 tahun 2019, karakteristik peserta didik ada pada tahap operasional konkret dan untuk pembelajaran HOTS masih cukup rendah serta masih mengarah kepada pembelajaran LOTS. Analisis 4C menunjukkan data critical thinking 40%, creativity 10%, Communication 9% dan Collaboration 41%. Untuk hasil literasi finansial 54%, literasi budaya dan kewargaan 42% dan literasi digital 4%. Sedangkan untuk pendidikan karakter meliputi religius 0%, nasionalis 21%, integritas 10%, kemandirian 46% dan gotong royong 23%. Data hasil analisis menghasilkan inovasi baru untuk perbaikan bahan ajar materi pokok IPS MI/SD kelas V berbasis kepada integrasi-interkoneksi yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0. Kata kunci : analisis, Buku Ajar Tematik, Materi Pokok IPS Abstract Aim of this study was to analyse textbook of grade V of curriculum 2013 revised 2017 which lead the student to think critically, analytically, communicatively and had perception to made student’s characteristic. The method of this study was quantitative research which used descriptive approach. the result of this study was material of IPS of the MI/SD had been appropriate with permendikbud number 21, 2016 as aspect of purpose, material and study approach. further, the structure of IPS MI’S curriculum also relevant with KMA number 184, 2019. The data shows that characteristic of student was in operational concrete and LOTS learning was dominant than HOTS. the 4C data analysis proved 40% of student critical thinking, 10% of creativity, 9% of communicatively and 41% of collaboratively. the data also established 54% of financial literacy, 42% of cultural literacy, 42% of citizenship literacy and 4% of digital literacy. Besides, based on characteristic of education, the data verified that 0% of religious, 21% of nationalist, 10% of integrity, 46% of independency and 23% of mutual cooperation. In conclude, the data analysis shows that new innovation to improve teaching material of IPS MI/SD grade V based on integration-interconnection was relevant with increased of science and technology in the 4.0 industrial revolution era. Keywords : Analysis, Thematic Textbooks, IPS Main Material
Pengaruh Strategi Multiple Intelegences Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Sekolah Dasar Kelas IV SDI Anagowa : Hardiyanti Riberu
Sublim: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 1 (2022): Sublim: Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.15 KB) | DOI: 10.33487/sublim.v1i1.254

Abstract

Hardiyanti Riberu (2019).Pengaruh Strategi Multiple Intelegences Hasil Belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multiple intelligences strategi terhadap keterampilan proses dan hasil belajar peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif,desain penelitian yang digunakan adalah (non-equivalent control group).Kelas eksperimen yang menggunakan perlakuan dengan menggunakan strategi multiple intelligences,satu kelas hanya menggunakan strategi pendekatan konvensional. Data hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar dengan menggunakan strategi multiple intelligences yang ini ditunjukkan untuk kelas eksperimen dengan nilai (1.42 ≤ 1.75) dan kelas kontrol 1.81 ≤ 2.14)). Jadi ada pengaruh multiple intelligences strategi hasil belajar peserta didik di buktikan dengan nilai peserta didik yang meningkat. Hal ini ditunjukan dari nilai rata-rata siswa yang diterapkan strategi pembelajaran tersebut. Dari hasil pengujian hipotesis juga menunjukan bahwa strategi Multiple Intelegences mempunyai pengaruh dengan diterimanya Hₐ > Hₒ yang menunjukan angka sebesar 2,995 > 2,060, sehingga dapat dikatakan Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian penerapan strategi Multiple Intelegences dianggap berhasil dalam meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPS siswa. Untuk itu strategi Multiple Intelegences mampu memberikan pengaruh terhadap keterampilan proses dan hasil belajar bagi siswa sehingga model ini dapat digunakan guru dalam kegiatan PBM (Proses Belajar Mengajar) atau pembelajaran guna menciptakan suasana pembelajaran yang baru. Kata Kunci: Strategi multiple intelligences, Hasil belajar
Gerakan Pendidikan Kader Muhammadiyah Terhadap Organisasi Muhammadiyaah Nurlinda Nurlinda
Sublim: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 1 (2022): Sublim: Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.298 KB) | DOI: 10.33487/sublim.v1i1.277

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui peranan organisasi Muhammadiyah dalam membentuk mahasiswa yang berkarakter Islami di Universitas Muhammadiyah Enrekang . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan organisasi muhammadiyaaah dalam membentuk karakter Islami mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Enrekang berawal dari kegiatan pengkaderan Darul Arqam Dasar yang sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter kader IMM, kemudian dari pengkaderan tersebut menghasilkan beberapa karakter islam yang dapat terbentuk dalam setiap individu kader. Pada hasil penelitian ditemukan bahwa peranan kader organisasi muhammadiyah untuk membentuk karakter Islami mahasiswa yaitu dengan berperan sebagai mentor di kegiatan mentoring, dan menjadi tutor bimbingan baca Al-Qur’an.
Pengadaan Pentas Seni dan Budaya oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Institut Teknologi Bandung pada Masa Pandemi COVID-19 Muhammad Rafi Azzami; Aziz Arya Setiyaki; Muhammad Yaumil Sultan; Akbar Kevin Maricar; Andre Julian; Bayu Samudra
Sublim: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 1 (2022): Sublim: Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.911 KB) | DOI: 10.33487/sublim.v1i1.778

Abstract

Seni dan budaya adalah komponen-komponen yang tergolong mendasar pada kehidupan manusia. Sering kali seni dan budaya disalurkan melalui berbagai cara dari kehidupan sehari-hari; media, institusi pendidikan hingga festival. Kini dengan adanya perkara pandemi Covid-19 yang mendunia, banyak acara-acara di ruang publik yang dihentikan, pentas seni budaya pun tidak menjadi pengecualian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menelisik dampak pandemi pada pentas seni budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yaitu dengan survey. Dari karya ilmiah ini dapat kita ukur sejauh mana acara-acara pentas tersebut mampu bertahan dalam kondisi pandemi dan dari karya tulis ini diharapkan kita dapat membangun strategi atau langkah untuk menanggulangi masalah-masalah tersebut.
Implementasi Metode Penulisan Berantai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia A Wafiq Yunita
Sublim: Jurnal Pendidikan Vol 1 No 1 (2022): Sublim: Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.267 KB) | DOI: 10.33487/sublim.v1i1.1666

Abstract

Penelitian ini menjelaskan implikatur dan retorika pemakaian bahasa dalam spanduk calon legislatif. Mengkaji makna tersirat yang terkandung di dalam spanduk calon legislatif dan efek yang terjadi setelah pembaca membaca bahasa yang terdapat dalam spanduk calon legislatif tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi implikatur yang terdapat pada spanduk calon legislatif 2) Menganalisis bahasa retorika yang terdapat pada spanduk calon legislatif. Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah metode kualitatif deskriptif. Persuasi yang muncul dalam implikatur spanduk; 1) Menarik perhatian masyarakat, 2) Secara tidak langsung menghimbau masyarakat untuk memilih calon tersebut. Retorika bahasa yang digunakannya pun beragam dengan efek agar masyarakat mamilih. Objek yang dikaji dalam penelitian ini adalah spanduk calon legislatif. Hasil pembahasan implikatur dan retorika bahasa dalam spanduk dapat dikemukakan sebagai berikut. Bentuk-bentuk spanduk yang digunakan dapat terlihat dengan jelas banyak penggunaan implikatur dan retorika untuk menyampaikan maksud dan tujuan dari penutur. Pemakaian bahasa dalam spanduk kebanyakan menggunakan pragmatik, karena pada saat membaca spanduk pesan yang disampikan tidak secara langsung tersirat didalamnya.
Peran Supervisi Pendidikan terhadap Peningkatan Mutu Belajar dan Mengajar Rifda Ramadina; Nadia Sabrina Siregar; Arya Tantri; Nurul Anjani Daulay; Malik Ubaydillah; Muhammad Rizki Maulana
Sublim: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Sublim: Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33487/sublim.v1i1.5602

Abstract

Supervisi pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas saat belajar di sekolah. Tujuan dari pengawasan adalah untuk memfasilitasi penerimaan menyelesaikan setiap program pelatihan sesuai dengan standar yang berlaku ditetapkan dengan mempertimbangkan pencapaian tujuan berdasarkan pelaksanaannya dilapangan untuk melakukan pelatihan yang membutuhkan jaminan kualitas, yang tujuannya merupakan memenuhi atau melampaui standar pendidikan Nasional. Di mana siswa bisa mendapatkan layanan sekolah yang berkualitas tinggi di semua lembaga bisa disebut sebagai layanan pembelajaran berkualitas tinggi. Untuk mencapai pendidikan yang berkualitas membutuhkan guru yang profesional, berkualitas dan kompeten serta memiliki kualifikasi pemantauan pendidikan guna dapat meningkatkan kualitas saat belajar di sekolah. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran supervisi pendidikan terhadap peningkatan mutu belajar dan mengajar.
Peranan Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Inom Nasution; Mela Safitri; Syafitri Halawa; Zuchairunnisa Zuchairunnisa; Nur Khotimah; Syahpan Ramadhan
Sublim: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Sublim: Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33487/sublim.v1i1.5606

Abstract

Supervisi sangat berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan. supervisi pendidikan berperan memberi kemudahan dan membantu kepala sekolah dan guru mengembangkan potensi secara optimal. Supervisi atau supervisor memiliki peran strategis dalam memberikan layanan terhadap Guru yang mendapatkan kesulitan atau terjadi penurunan dalam kompetensinya. Oleh sebab itu pembinaan supervisi agar Dapat melaksanakan tugas kepengawasan akademik dan manajerial mutlak harus memiliki kompetensi supervisor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran supervisor atau supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini ialah penelitian Dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan menggunakan Studi literatur yang Dilakukan dengan menemukan referensi teori dari jurnal, buku dan lain sebagainya yang Sesuai dengan kasus yang diperoleh. Supervisi pengajaran merupakan pekerjaan professional, yang menuntut Persyaratan sebagaimana layaknya pekerjaan professional yang lain. Tugas seorang supervisor Adalah untuk membantu, mendorong, dan memberikan keyakinan kepada guru bahwa proses Belajar-mengajar dapat dan harus diperbaiki.
Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Guna Meningkatkan Kompetensi Guru Adilla Aisyahrani; Eka Julia Putri; Icha Natasya Aulia; Fatturrahman Hendli Pamungkas; M Abdillah Khairi; Zahra Jannah; Inom Nasution
Sublim: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Sublim: Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33487/sublim.v1i1.5616

Abstract

Tanggung jawab strategis kepala sekolah termasuk membantu guru dan mendorong mereka untuk melakukan perbaikan lingkungan belajar mengajar. Suka atau tidak suka, kepala sekolah harus siap menghadapi persoalan dan tantangan ketika melakukan supervisi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MA Al-Qismul ‘Aly Al-Washliyah Medan. Hambatan dalam setiap supervisi yang dapat diketahui yakni : minimnya tingkat partisipasi guru atau tenaga pendidik dalam aspek pelatihan, dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan dan pemahaman siswa tentang materi pelajaran yang masih minim karena media pembelajaran atau alat peraga yang kurang memadai, sehingga proses pembelajaran kurang maksimal. Untuk mengatasi kendala pada supervisi akademik yaitu pihak sekolah akan bekerja sama dengan pengawas dari diknas atau bekerjasama dengan wakil kurikulum. Supervisi harus dilaksanakan berkala yang kedua memberikan pemahaman bagi guru bahwa supervisi itu sangat penting untuk memperbaiki kinerjanya serta dapat meningkatkan kompetensi guru yang pada dasarnya wajib untuk dikembangkan serta ditingkatkan seiring berkembangnya zaman.
Evaluasi Program Pembelajaran Guru Guna Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Pendidik Inom Nasution; Anggun Sari Fadilla; Isma Hayati; Dawi Nurjannah; Accep Noor Akbar Sambo; Arif Abdul Gani Lubis; Gani Lubis
Sublim: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Sublim: Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33487/sublim.v1i1.5625

Abstract

This study aims to determine how influential evaluation is in a teacher's learning method in order to be able to improve student learning outcomes. Data collection uses reference collection methods in the form of reading materials such as books and scientific journal articles, which use a qualitative research approach. The results of this study will show that as an educator the teacher must be able to (1) create a conducive classroom atmosphere, (2) arrange teachers to train student discipline, (3) provide learning methods that can increase student interest in learning. And all of this can easily be done by a teacher if he carries out a learning evaluation, with this evaluation it will make it easier for the teacher to see how far the results of the teacher's performance have been. The results in question are good, not good, useful, or not useful and so on. It is important to know the results of learning because it can be a guide for educators to find out how far the learning process that they are doing can develop the potential of students.
Implementasi Efektivitas Supervisi Pendidikan terhadap Mutu Pendidikan Amelia Amelia; Irma Tussa’diyah Hasibuan; Mulia Ardiansyah Harahap; Okta Elviana Manurung; Yusuf Ali Ahmad Harahap; Inom Nasution
Sublim: Jurnal Pendidikan Vol 2 No 1 (2023): Sublim: Jurnal Pendidikan
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This paper discusses the implementation of educational supervision to improve the quality of education. Supervision is a planned coaching activity to assist teachers and other school employees in doing their jobs effectively. In the context of education, the notion of quality includes input, process and output of education. To improve the quality of education, the role of educational supervision should not be neglected. Because supervision is a significant thing in realizing that quality. Supervisors (supervisors, school/madrasah principals) must have expertise and seriousness in supervising educational institutions in order to improve the quality of education.

Page 1 of 10 | Total Record : 92