Wahana Pedagogika: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 6 No 2 (2024): WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran

ANALISIS TEMA DAN SIMBOLISME DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE

Ognesa, Veronika (Unknown)
Sulastri, Saptiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Abstrak Novel sering kali berisi kisah fiktif yang dibuat dengan kedramatisan, romantisme, dan cerita menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tema dan simbolisme dalam novel "Hujan" karya Tere Liye.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan data dalam bentuk penjelasan kalimat. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel "Hujan" karya Tere Liye. Tahapan analisis meliputi pembacaan keseluruhan novel, analisis informasi, penentuan informasi relevan, dan penguraian tema serta simbolisme. Hasil analisis menunjukkan bahwa tema mayor novel ini meliputi lingkungan, hakikat hidup, dan perubahan iklim, sementara tema minor mencakup hujan, persahabatan, cinta, melupakan, dan perpisahan. Simbolisme hujan dalam novel ini menggambarkan berbagai emosi dan situasi, seperti kesedihan, kekhawatiran, kebahagiaan, takut, panik, dan menutupi kesedihan. Melalui tema dan simbolisme ini, Tere Liye berhasil menyampaikan pesan emosional dan moral yang mendalam, menjadikan novel "Hujan" kaya akan makna dan nuansa.Penelitian ini menyimpulkan bahwa "Hujan" karya Tere Liye bukan sekadar cerita tentang turunnya air dari langit, tetapi juga menggambarkan kehidupan, cinta, kehilangan, dan pencarian makna melalui simbolisme hujan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wahana

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The objective of the journal is to provide a forum for the publication of research and discussion on all aspects of education such as teaching methodology, learning styles, assessment, curriculum development, educational leadership, and educational management and administration. Articles related to ...