Jurnal Pendidikan Geosfer
Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Geosfer

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DEBATE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 2 PEUSANGAN

Amalia, Cut Iwana (Unknown)
Muslihin, Muslihin (Unknown)
Arrahman, Aisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe debate terhadap hasil belajar siswa pada konsep lingkungan hidup dan kependudukan kelas XI SMAN 2 Peusangan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Peusangan Kabupaten Bireuen tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah keseluruhan 233 siswa. Sampel yang diambil hanya 2 kelas yaitu kelas XI/4 dengan jumlah 30 siswa dan kelas XI/5 berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian yang didapat dari hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh harga t hitung = dan t tabel = 1.67. Apabila t hitung dari t tabel maka diterima dan ditolak. Berdasarkan hasil penelitian nilai t untuk dua pihak diperoleh nilai 2,09 1.67, maka diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe debate terhadap hasil belajar siswa pada konsep lingkungan hidup dan kependudukan kelas XI SMAN 2 Peusangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Pendidikan dan Sains Geografi dengan fokus pembahasan pada: Pendidikan Sosial, Pendidikan Sains, Pendidikan Geografi, Fenomena Geosfer,Kelingkungan & Kewilayahan, Sistem Informasi Geografi, Penginderaan Jauh, Kajian Perpetaan, Evaluasi Lahan, Perencanaan Pembangunan, Pariwisata, serta Demografi, ...