Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana hasil pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah Sistem Digital di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, (2) Mengetahui hasil uji validitas pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah Sistem Digital di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, (3) Mengetahui hasil uji kelayakan mengenai pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah Sistem Digital di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development(R&D)), model penelitian dan pengembangan yang digunakan penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer FT UNM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Sistem Digital Jurusan Teknik Informatika dan Komputer FT UNM memiliki presentase 93% penilaian materi sedangkan presentase 96% penilaian pada modul dengan kategori sangat valid. Modul Sistem Digital dinyatakan praktis memiliki presentase 91,9% dengan kategori sangat praktis. Modul Sistem Digital dikatakan efektif ditinjau dari hasil belajar mahasiswa secara mandiri mencapai presentaseketuntasan klasial 87% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan modul pembelajaran Sistem Digital layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Copyrights © 2024