Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Perkembangan pendidikan di Indonesia selama era kurikulum merdeka merupakan kemajuan pendidikan yang signifikan. Munculnya teknologi Gamma (AI) membuka jalan bagi pembelajaran sejarah di sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Salah satu cara AI dapat membantu pembelajaran sejarah adalah dengan menggunakan teknologi yang menarik untuk meningkatkan interaksi siswa dengan materi pelajaran dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mencari informasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjawab pertanyaan tentang mengapa teknologi Gamma (AI) penting untuk pembelajaran sejarah dan manfaatnya untuk pembelajaran kurikulum merdeka yang berbasis teknologi. Adapun metode Penelitian menggunakan metode kualitatif dan studi literatur. Peneliti menggunakan teknik untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk internet, dan buku dan jurnal. Setelah data dikumpulkan, peneliti menggunakan teknik interpretasi data untuk menganalisisnya. Adapun hasil pembahasan dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa kurikulum merdeka terus berkembang menjadikan pembelajaran sejarah dapat lebih mudah berkat bantuan dari teknologi menggunakan aplikasi Gamma (AI) agar dapat mendukung pengembangan media pembelajaran. Penggunaan Gamma untuk menambah wawasan mahasiswa sebagai peserta dalam pemanfaatan media AI. Gamma dapat memberikan jawaban dari tantangan bagi para pendidik dalam mengerjakan power point, Ai juga dapat meningkatkan pemahaman karena tidak hanya membutuhkan pemahaman tentang fakta-fakta sejarah, tetapi juga interpretasi dan analisis maupun penerapan strategi pembelajaran dengan menggunakan Artificial Intellegence (AI).
Copyrights © 2024