Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa e-modul digital mikro untuk mendukung pembelajaran teknik menghias kain, serta menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan kompetensi siswa. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang melibatkan lima tahapan utama: analisis kebutuhan, perancangan media, pengembangan prototipe, implementasi uji coba, dan evaluasi produk. E-modul yang dikembangkan dirancang dengan struktur materi yang terorganisir dalam topik mikro, dilengkapi fitur interaktif seperti video tutorial dan kuis otomatis. Uji coba dilakukan pada 30 siswa SMK jurusan Tata Busana yang mempelajari teknik menghias kain. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa, kuesioner untuk mengetahui tanggapan serta observasi langsung selama proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa meningkat signifikan, dari 62,3 pada pretest menjadi 84,1 pada posttest (p < 0,05). Sebanyak 90% siswa menyatakan e-modul membantu mereka memahami materi dengan lebih baik. 85% siswa merasa lebih termotivasi untuk belajar teknik menghias kain menggunakan e-modul dibandingkan metode konvensional, dan Fitur video tutorial dianggap sangat membantu oleh 95% siswa, karena memberikan penjelasan visual yang detail. E-modul digital mikro merupakan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam teknik menghias kain. Media ini tidak hanya mendukung pembelajaran mandiri, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik. Penelitian ini merekomendasikan implementasi e-modul secara luas dengan pengembangan fitur tambahan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, E-Modul, Digital Mikro
Copyrights © 2024