Journal of Educational Review and Research
Vol 7, No 1 (2024): VOLUME 7 NUMBER 1 JULY 2024

Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan

Sumanto, Julius Jeremiah (Unknown)
Wahyuni, Rika (Unknown)
Buyung, Buyung (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan penalaran matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model Problem posing pada materi pola bilangan kelas VII SMP Torsina 2 Singkawang.; 2) Untuk mengukur motivasi siswa saat diterapkan model problem posing pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Torsina 2 Singkawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan quasi exsperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Torsina 2 Singkawang. Sampel penelitian diambil secara simple random sampling. Kemudian dilakukan pengambilan data dengan melakukan tes kemampuan penalaran matematis pada 1 sampel.. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan penalaran matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model Problem posing pada materi pola bilangan kelas VII SMP Torsina 2 Singkawang. Dari hasil perhitungan angket motivasi belajar siswa  bahwa motivasi belajar siswa tergolong tinggi ketika diterapkan pembelajaran Problem Posing pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Torsina 2 Singkawang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...