Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan penalaran matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model Problem posing pada materi pola bilangan kelas VII SMP Torsina 2 Singkawang.; 2) Untuk mengukur motivasi siswa saat diterapkan model problem posing pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Torsina 2 Singkawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan quasi exsperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Torsina 2 Singkawang. Sampel penelitian diambil secara simple random sampling. Kemudian dilakukan pengambilan data dengan melakukan tes kemampuan penalaran matematis pada 1 sampel.. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan penalaran matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model Problem posing pada materi pola bilangan kelas VII SMP Torsina 2 Singkawang. Dari hasil perhitungan angket motivasi belajar siswa bahwa motivasi belajar siswa tergolong tinggi ketika diterapkan pembelajaran Problem Posing pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Torsina 2 Singkawang.
Copyrights © 2024