Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas model pembelajaran VAK terhadap kemampuan multirepresentasi matematis siswa di Smp Negeri 9 Singkawang. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Singkawang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan postttest kemampuan multirepresentasi matematis, dan lembar observasi keterlaksanaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah untuk menguji ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal menggunakan uji-t, uji normalitas dengan Chi kuadrat, untuk mengetahui perbedaan menggunakam uji Mann-Whitney U-test, dan untuk mengetahui keterlaksanaan model VAK menggunakan lembar observasi keterlaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran VAK efektif terhadap kemampuan multirepresentasi matematis siswa, sub-sub rumusan masalah yaitu, (1) Kemampuan multirepresentasi matematis siswa pada ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal di kelas eksperimen mencapai 70% dari siswa yang memperoleh nilai kriteria ketuntasan minimal lebih dari atau sama dengan 70; (2) Terdapat perbedaan kemampuan multirepresentasi matematis siswa yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran langsung dengan yang menggunakan model pembelajaran VAK; (3) Keterlaksanaan model pembelajaran VAK terhadap kemampuan multirepresentasi matematis siswa pada materi garis dan sudut terlaksana dengan sangat baik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024