ABSTRACT Parenting involves warm, sensitive, and accepting behaviors, emphasizing the importance of cooperation between fathers and mothers. A lack of father involvement can affect a child's behavior, social development, and academic performance. This study adopts a qualitative approach using phenomenological methods, employing in-depth interviews to collect data from male participants who have children and reside in Malang. The results indicate that father involvement in parenting significantly impacts children's moral, emotional, and academic development. This research classifies fathering styles into three types: delegation, participation, and collaboration. Each type has a different approach to supporting children's education and decision-making. These findings are expected to pave the way for further research on the role of fathers in the family and its implications for child development. Abstrak: Pengasuhan melibatkan perilaku yang hangat, sensitif, dan penuh penerimaan serta pentingnya kerjasama antara ayah dan ibu. Kurangnya keterlibatan ayah dapat mempengaruhi prilaku anak, perkembangan sosial serta akademis mereka. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, menggunakan wawancara mendalam untuk mengumpulkan data dari partisipan dengan kriteria laki-laki dewasa yang memiliki anak dan berdomisili Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak memberikan pengaruh signifikan terhadap perkembangan moral, emosional, dan akademis anak. Penelitian ini mengklasifikasikan tipe pola pengasuhan ayah menjadi tiga: delegasi, partisipasi, dan kolaborasi. Setiap tipe memiliki pendekatan berbeda dalam mendukung pendidikan dan pengambilan keputusan anak. Temuan ini diharapkan dapat membuka jalan bagi penelitian lebih lanjut mengenai peran ayah dalam keluarga dan implikasinya terhadap perkembangan anak.
Copyrights © 2024