Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai religius guru dalam penguatan karakter siswa melalui nilai (1) religius kejujuran; (2) religius toleransi, (3) religius kepedulian sosial, dan (4) religius tanggungjawab di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Kota Selatan Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan eksplanatori. Teknik penarikan anggota sampel dengan menggunakan Nomogram Hary King, sehingga diperoleh jumlah anggota sampel 106 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai religius kejujuran berada pada kategori cukup baik; (2) nilai religius toleransi berada pada kategori baik; (3) nilai religius kepedulian sosial berada pada kategori baik; dan (4) nilai religius tanggung jawab berada pada kategori cukup baik.
Copyrights © 2024