Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk program inovasi kepala sekolah dan langkah-langkah pelaksanaan program inovasi kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Suwawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (studi kasus) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Analisis data dilakukan dengan teknik model interaktif, di mana tahapannya meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk uji kredibilitas penelitian digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk program inovasi sekolah terdiri dari outdoor teaching, kultum, dan literasi numerasi, serta (2) langkah-langkah pelaksanaan program inovasi kepala sekolah diawali dengan penetapan program bersamaa berdasarkan hasil rapat, pelibatan semua guru, staf, dan siswa, serta dukungan fasilitas yang lengkap.
Copyrights © 2024