Kemajuan teknologi informasi telah menjadi elemen penting yang memengaruhi berbagai aspek ehidupan, termasuk pendidikan. Penelitian ini berfokus pada penerapan pembelajaran berbasis komputer di SMPN 26 Tangerang untuk mengatasi kesenjangan keterampilan teknologi dasar siswa, khususnya dalam desain grafis dan pemasaran digital. Dilaksanakan pada 7 November 2024, program ini memperkenalkan Canva sebagai alat desain dan menekankan konsep dasar pemasaran digital. Pendekatan campuran, yang menggabungkan presentasi teori, diskusi interaktif, dan praktik langsung, diterapkan. Evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 40%, dengan peningkatan signifikan pada desain grafis (88,9%) dan pemasaran digital (72,7%). Studi ini menyoroti efektivitas integrasi teknologi dalam kerangka pendidikan untuk meningkatkan kompetensi digital yang esensial bagi karier siswa di era digital. Hasilnya menggarisbawahi perlunya upaya berkelanjutan untuk mengurangi kesenjangan digital melalui strategi pendidikan inovatif.
Copyrights © 2025