Jurnal Abdimas Prakasa Dakara
Vol. 4 No. 2 (2024): Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Kompetensi dan Literasi Praktis Be

Pengembangan Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital Bermuatan Interkultural untuk Membentuk Kewarganegaraan Global Siswa

Agustina, Noni (Unknown)
Anindita, Rina (Unknown)
Nuryadi, Nuryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Indonesia berada di posisi kelima negara dalam kasus perundungan terbanyak. Tidak Terkecuali hal ini terjadi pada sekolah jenjang SMP di kota besar seperti Jakarta. Kondisi tersebut menjadi latar belakang kegiatan Pemberdayaan Kemitraaan Masyarakat (PKM) yang dilakukan di SMPN 229. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar digital bermuatan komunikasi interkultural yang akan diterapkan dalam pembelajaran di kelas yang akan mendorong siswa untuk memiliki pengetahuan, sikap, dan kesadaran budaya yang berdampak positif dalam pembentukan perilaku siswa. Bahan ajar digital bermuatan komunikasi interkultural menekankan pemahaman kepada siswa untuk membangun hubungan yang baik, rasa hormat, toleransi terhadap orang lain dan menghargai budaya orang lain. Kegiatan PKM meliputi tahap sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan dengan menggunakan metode presentasi, diskusi, review rekan sejawat, dan demonstrasi. Setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan, sebanyak 75% guru mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan bahan ajar digital yang mengintegrasikan elemen interkultural yang dapat membentuk kewarganegaraan global siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

japd

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas Prakasa Dakara is a peer-reviewed and open-access journal managed and published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kusuma Negara, Jakarta, half-yearly in April and October. The aims to be open access ...