Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 7, No 2 (2024): September 2024

Pengaruh Metode Pembelajaran Field Trip Di Kawasan The Le Hu Garden Terhadap Tingkat Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa

Salsabila, Yusi (Unknown)
Manurung, Nurhasnah (Unknown)
Fefiani, Yusri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan metode field trip terhadap tingkat kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UISU di The Le Hu Garden. Penelitian ini dilaksanakan mulai Mei s/d Agustus 2024 di The Le Hu Garden. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi dan sampel penelitian  yang sama atau sampel jenuh adalah seluruh Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UISU aktif T.A 2023/2024  berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan design One Group Pretest Posttest Design.  Instrumen dalam peneltian ini adalah pretest, posttest, lembar observasi, dan juga lembar angket. Nilai rata – rata pretest sebelum diterapkan metode field trip adalah 25,96 dengan standard deviasi 10,48 sedangkan nilai rata – rata setelah diterapkan metode field trip adalah 73,96 dan standard deviasi 10,56. Hasil uji normalitas diperoleh    yaitu 0,142 0,156 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas    yaitu 1,015 1,56 dinyatakan bahwa data memiliki varians yang sama atau homogen. Hasil uji N-Gain dengan gain score 0,64, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan literasi sains Mahasiswa dengan kategori sedang. Hasil uji Hipotesis dimana     atau 24,3 1,69 dengan taraf 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode field trip terhadap tingkat kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UISU

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...