Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 7, No 1 (2024): Juni 2024

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Berbantuan Media Banner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA 3 Di SMA PGRI Waingapu

Takanjanji, Kristofel Hamba (Unknown)
Makaborang, Yohana (Unknown)
Ndjoeroemana, Yohana (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk  Mendiskripsikan hasil belajar siswa  sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Mendeskripsikan penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media banner dalam hasil belajar siswa, dan Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Banner dalam hasil belajar siswa di kelas  XI MIPA 3 SMA PGRI Waingapu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Dengan subjeknya ialah siswa kelas XI MIPA 3 SMA PGRI Waingapu. Pada tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 23 orang siswa. Teknik Pengumpulan data merupakan bagian terpenting dalam penelitian. Data yang valid dan lengkap sangat menentukan hasil dari suatu penelitian. Untuk memperoleh metode pengumpulan data yaitu instrument tes dan instrument non tes. Pengukuran hasil belajar difokuskan pada ranah kognitif dan afektif. Hasil penelitian pada ranah kognitif  menunjukan. Hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media banner mengalami peningkatan yaitu dibuktkan dengan nilai rata- rata tes pada siklus I 75 dengan prsensentase ketuntasan belajar adalah 56,52% dan pada siklus II nilai rata-ratanya 80,43 dengan presentase ketuntasan belajar 82,60 %. Pada ranah afektif menunjukan bahwa hasil siswa meningkat dibuktikan dari skor total yang di peroleh siswa pada siklus I 146 dan pada siklus II meningkat menjadi 169. Dapat disipulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media banner dapat meingkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3 di SMA PGRI Waingapu

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...