Kemandirian pasien dalam mengelola kesehatan adalah aspek kunci dalam meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Transformasi digital menawarkan kesempatan untuk meningkatkan akses pasien terhadap data kesehatan, memperluas pengetahuan mereka tentang keadaan kesehatannya, dan menunjang pengambilan keputusan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran transformasi digital dalam meningkatkan akses, pengetahuan, serta keputusan pasien dalam kemandirian pasien di Rumah Sakit Mitra Sejati. Memakai pendekatan kualitatif, penelitian ini mengaitkan wawancara mendalam pasien, staff rumah sakit, dan manajemen yang ikut serta langsung dalam pelaksanaan teknologi digital. Informasi dianalisis secara tematik untuk menguasai daya guna transformasi digital dalam konteks pelayanan kesehatan. Hasil penelitian menampilkan bagaimana pemakaian transformasi digital, tercantum platform online serta aplikasi kesehatan, sudah meningkatkan aksesibilitas data kesehatan, efisiensi pelayanan, dan menguatkan keterlibatan pasien dalam pengambilan keputusan kedokteran. Tetapi, masih ada tantangan semacam kesenjangan digital serta keamanan informasi yang butuh diatasi. Penelitian ini menyoroti berartinya pengembangan strategi yang holistik serta berkepanjangan untuk mengoptimalkan kemampuan transformasi digital dalam menunjang kemandirian pasien di rumah sakit
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024