Penelitian ini berfokus pada mengembangkan model pembelajaran berbasis permainan digital yang bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan pada tingkat sekolah dasar. Pendidikan jasmani memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup siswa. Namun, salah satu tantangan utama adalah memotivasi siswa agar lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran ini. Penelitian ini menawarkan pendekatan inovatif dengan menggabungkan elemen pembelajaran dan permainan. Model yang dikembangkan mengintegrasikan prinsip-prinsip pembelajaran efektif dengan unsur permainan yang menarik perhatian siswa. Tujuannya tidak hanya untuk meningkatkan minat belajar terhadap pendidikan jasmani dan kesehatan, tetapi juga untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan memotivasi. Pengembangan model ini di dasarkan pada analisis kebutuhan, perancangan permainan, pengembangan materi pembelajaran, implementasi, dan evaluasi. Saat tahap implementasi, model ini diuji pada kelompok siswa Sekolah Dasar. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi partisipatif, kuesioner, dan pengukuran minat belajar terhadap pendidikan jasmani dan kesehatan. Hasil penelitian model pembelajaran berbasis permainan digital terbukti efektif meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan pendidikan jasmani. Motivasi, keterlibatan, dan pencapaian siswa dalam kebugaran jasmani meningkat secara signifikan. Pendekatan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan ini mendapatkan respons positif dari siswa, sehingga dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang inovatif di masa depan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024