Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa tentang bunyi dan sifat-sifatnya melalui KIT. KIT IPA yang digunakan adalah alat peraga untuk pembelajaran IPA, antara lain Garputa, kelelawar, corong, timbangan, dll. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan prasiklus. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan prasiklus dengan 2 kali pertemuan per siklus. Penelitian PTK ini menggunakan empat tahap yaitu Tahap Perencanaan, Tahap Pelaksanaan, Tahap Observasi dan Tahap Evaluasi dan Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas 5 SD Negeri 066054 di Medan yang berjumlah 23 siswa. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan tes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 5 soal pilihan ganda dan 5 soal esai. Penelitian ini dideskripsikan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada Siklus I, hasil belajar meningkat sebesar 36% dan pada Siklus II, hasil belajar meningkat sebesar 48% dengan semua siswa tuntas dalam pembelajaran. Dari Siklus I ke Siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 12% karena pembelajaran dimaksimalkan selama Siklus II.
Copyrights © 2024