Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan awal yang dilakukan peneliti di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli, di mana ditemukan bahwa minat belajar peserta didik masih rendah dan rata-rata nilai hasil belajar berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikam minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan video pembelajaran di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh peserta didik di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan, yang berjumlah 107 orang. Sampel penelitian diambil dari siswa kelas VIII, sebanyak 27 orang. Intstrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : (1) Angket minat belajar peserta didik, (2) Tes hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan minat belajar peserta didik. Media pembelajaran ini berpotensi untuk dipertahankan dan dikembangkan lebih lanjut guna mendukung proses pembelajaran yang lebih baik.
Copyrights © 2024