JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 7 No 3 (2024): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) November 2024

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP N 5 PADANGSIDIMPUAN

Siregar, Eva Yanti (Unknown)
Harahap, Sinar Depi (Unknown)
Handayani, Zulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.sample penelitian diperoleh dengan menggunakan tekhnik simple random sampling yaitu kelas VIII-8 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis one group pretest posttest design. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan keterampilan guru dengan menggunakan instrument tes berupa pretest dan posttest untuk siswa. Kemudian data penelitian ini dianalisis dengan statistic deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai rata-rata penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) adalah 3,20 dengan kategori “sangat baik”. 2) nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) adalah 52,46 dengan kategori “kurang” dan setelah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 88,18 dengan kategori “sangat baik”. 3) berdasarkan statistic inferensial dengan menggunakan paired samples test (SPSS 25) diperoleh nilai signifikan 0,000 yang lebih kecil dari taraf nyata alpha 0,05 (0,000 < 0,05). Artinya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi guru matematika dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dalam memecahkan masalah pembelajaran matematika. Kata kunci: Think Pair Share, kemampuan pemecahan masalah matemtis

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...