Penelitian ini menginvestigasi implementasi pembelajaran interkultural dalamkonteks pengajaran bahasa dan budaya Tiongkok di kelas Mandarin, dengan fokus padaperkembangan terkini dalam lima tahun terakhir. Mengingat peningkatan signifikan dalamkebutuhan global akan kompetensi interkultural, studi ini bertujuan untuk menganalisisefektivitas dan tantangan dalam mengintegrasikan elemen budaya Tiongkok ke dalampembelajaran bahasa MandarinSeiring dengan meningkatnya hubungan antara Indonesia dan Tiongkok,pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia semakin penting. Artikel ini membahasbagaimana pembelajaran bahasa dan budaya Tiongkok dapat diterapkan di kelas Mandarin.Ini berfokus pada teknik pengajaran yang efektif, masalah yang dihadapi, dan keuntunganbagi siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, yangmengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasilnyamenunjukkan bahwa siswa dapat memperoleh keterampilan bahasa yang lebih baik, lebihmemahami budaya setempat, dan lebih termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih baik.Kata kunci: Pembelajaran interkultural, bahasa Mandarin, budaya Tiongkok, kompetensiinterkultural, teknologi pembelajaran bahasa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024