Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Vol. 5 No. 2 (2024): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education

Analisis Academic Buoyancy pada Mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri Metro

Wardani (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keluhan mahasiswa di lingkungan Institut Agama Islam Metro mengenai daya dukung akademik dan kemampuan mahasiswa dalam melalui rintangan akademik sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Academic Buoyancy Mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 137 mahasiswa yang tersebar diseluruh fakultas pada 18 program studi di lingkungan Institut Agama Islam Negeri Metro. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus statistik uji t melalui regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa R sebesar 0,523 yang menunjukan hubungan antara Students Academic Support dalam membentuk Academic Buoyancy pada Mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri Metro dalam kategori kuat. Sedangkan jika dianalisis berdasarkan R Square sebesar 0,274 menunjukan bahwa ada pengaruh Students Academic Support dalam membentuk Academic Buoyancy pada Mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri Metro sebesar 27,4 % sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

social-pedagogy

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Scope Artikel yang akan dipublikasikan merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang di lakukan oleh dosen, guru, dan mahasiswa dalam bidang: Studi Sosial/ Pendidikan IPS Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Kajian Pendidikan Sejarah Kajian Pendidikan Ekonomi Kajian Pendidikan Geografi Kajian ...