Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini
Vol 5, No 1 (2024): April 2024 : Lentera Anak

ANALISIS PERKEMBANGAN BERPIKIR SIMBOLIK DITINJAU DARI MEDIA SCALE GAME

Aprilian, Afinda Dwi (Unknown)
Tarjiati, Ita Tara (Unknown)
Rahma, Najma Ihda (Unknown)
Risalah, Novita Qoriatul (Unknown)
Zulfahmi, Muhammad Nofan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Abstrak: Kemampuan berpikir simbolik  merupakan proses berkembangnya pola berpikir anak dalam mengenal lambang, angka, huruf, dan gambar tanpa adanya objek nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan perkembangan berpikir simbolik anak kelompok B di TK IT Ash-Shiddiqy Margoyoso Kalinyamatan Jepara melalui media pembelajaran Scale Game. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif secara purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan interactive model of Analysis dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Subjek penelitian adalah 15 anak dengan hasil penelitian menunjukkan perkembangan berpikir simbolik dengan indikator anak dapat mengenal bentuk geometri, mencocokkan gambar benda disekitar sesuai bentuk geometri, menyebutkan bentuk gambar benda disekitar serta menggolongkan dan menjumlah gambar benda disekitar yang sesuai dengan bentuk geometri. Seluruh indikator perkembangan berpikir simbolik anak  berkembang sangat baik melalui penggunaan media pembelajaran Scale Game.Kata Kunci: Perkembangan Anak Usia Dini , Berpikir Simbolik, Media Pembelajaran 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jla

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Lentera Anak merupakan jurnal ilmiah pendidikan anak usia dini yang diterbitkan berkala setiap 6 bulan sekali oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. jurnal ini berisikan tentang hasil penelitian, hasil kajian ...