Abstrak: Kemampuan berpikir simbolik merupakan proses berkembangnya pola berpikir anak dalam mengenal lambang, angka, huruf, dan gambar tanpa adanya objek nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan perkembangan berpikir simbolik anak kelompok B di TK IT Ash-Shiddiqy Margoyoso Kalinyamatan Jepara melalui media pembelajaran Scale Game. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif secara purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan interactive model of Analysis dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Subjek penelitian adalah 15 anak dengan hasil penelitian menunjukkan perkembangan berpikir simbolik dengan indikator anak dapat mengenal bentuk geometri, mencocokkan gambar benda disekitar sesuai bentuk geometri, menyebutkan bentuk gambar benda disekitar serta menggolongkan dan menjumlah gambar benda disekitar yang sesuai dengan bentuk geometri. Seluruh indikator perkembangan berpikir simbolik anak berkembang sangat baik melalui penggunaan media pembelajaran Scale Game.Kata Kunci: Perkembangan Anak Usia Dini , Berpikir Simbolik, Media Pembelajaran
Copyrights © 2024