Penelitian ini membahas rekonstruksi pendidikan Islam di Indonesia berdasarkan kajian futuristik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif. Artikel ini menunjukkan bahwa, masalah utama pendidikan Islam dewasa ini, khususnya di Indonesia adalah tidak mampunya pendidikan Islam untuk menyiapkan peserta didik cakap ilmu pengetahuan dan implementasinya di masyarakat terkait kebutuhan peserta didik di masa mendatang (berkelanjutan). Untuk menjawab masalah tersebut, dilakukan rekonstruksi dunia pendidikan Islam dengan menggunakan konsep futuristik. Beberapa prinsip yang ditawarkan ketika merekonstruksi pendidikan Islam menggunakan konsep futuristik yaitu, 1) Sistem pendidikan Islam harus selalu mengalami pembaharuan, 2) Dalam pengajaran, tugas-tugas yang diberikan oleh pendidik bersifat praktis dan mengarah pada penerapan nyata, bukan sekadar teori yang hanya mampu dinikmati akal saja, 3) Menyelaraskan pendidikan Islam dengan perkembangan IPTEK, 4) Pendidikan Islam harus mampu membentuk peserta didik untuk berjiwa sosial.
Copyrights © 2024