Penelitian berawal dari adanya fenomena tentang eksistensi radio terhadap minat pendengar yang semakin pudar. Namun, tidak berlaku untuk Radio Slawi FM, yang keberadaannya sampai sekarang masih eksis dan disegani banyak orang terutama para remaja. Tujuan yang diharapkan penelitian ini yaitu guna mengetahui “Stategi Positioning Radio Slawi FM di Era Konvergensi Media”. Penelitian ini menggunakan teknik mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi Positioning Radio Slawi FM di Era Konvergensi Media mencakup beberapa tahap. Pertama, proses penyiaran Radio Slawi FM sesuai dengan ketetapan yang sudah diberlakukan. Kedua, gaya komunikasi penyiar didasarkan pada teknik siaran edukatif, informatif, dan persuasif yang berlainan dan memiliki kekhasan sendiri. Ketiga, strategi Radio Slawi FM dalam menarik minat pendengar.dengan memformulasikan komunikator (penyiar), media, dan pesan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bukti yang menunjukkan bahwa “Strategi Positioning Radio Slawi FM di Era Konvergensi Media” berhasil menarik minat pendengar. Strategi yang dilakukan penyiar saat membawakan program siaran membuat para pendengar terhipnotis dan tertarik. Kata kunci : Strategi Positioning, Radio. Konvergensi Media
Copyrights © 2024