Pendidik mempunyai tugas yang paling penting untuk pembentukan tingkat baik dan buruknya pada suatu bangsa. Dunia pendidikan sekarang sering didapati berbagai macam persoalan, diantaranya persoalan akhlak atau kepribadian peserta didik dalam hal kedisiplinan. Diantaranya ditunjukkan dengan rendahnya sikap disiplin dan maraknya kenakalan serta masalah ketaatan terhadap peraturan kedisiplinan di sekolah yang belum baik. Hal ini menunjukkan bahwa etika peserta didik yang masih rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara mengobservasi secara langsung perilaku peserta didik di sekolah MI Sunan Giri Surabaya. Hasil dari penelitian yang dilakukan di MI Sunan Giri Surabaya memperlihatkan penerapan kegiatan disiplin peserta didik yang dilakukan dalam berbagai kegiatan yang terdiri dari kegiatan upacara setiap hari senin, serta kegiatan pembiasaan 4S (senyum, salam, sapa dan salim). Dengan adanya pembiasaan disiplin ini diharapkan dapat menerapkan pendidikan karakter yang baik dan membentuk akhlak peserta didik sejak dini.
Copyrights © 2024