Akhlak memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, dengan akhlak manusia dalam kehidupannya dapat menuju kearah martabat yang tinggi, baik di hadapan Allah SWT dan manusia. Selaras dengan tujuan pendidikan islam yaitu untuk mewujudkan manusia seutuhnya, sedangkan tujuan pendidikan agama islam adalah membimbing akhlak agar mereka menjadi muslim sejati, yang salah satunya melalui Lembaga non formal yakni madrasah diniyah melalui kitab akhlaq lil banin yang dikarang oleh Syaikh Ahmad Umar Baraja. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran akhlaq melalui kitab Akhlaq Lil Banin pada santri madrasah diniyah Darus Shobiy Penumpaan Desa Semambung Kec. Jabon Kab. Sidoarjo?, 2) Apa kontribusi pembelajaran kitab Akhlaq Lil Banin dalam membentuk akhlaq santri madrasah diniyah darus Shobiy Penumpaan Desa Semambung kec. Jabon kab. Sidoarjo?. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi Pembelajaran akhlaq melalui Kitab Akhlaq Lil Banin pada santri madrasah Diniyah Darus Shobiy dibangun melalui pembelajaran yang saling mempengaruhi antara kemauan dari dalam diri peserta didik itu sendiri untuk bertingkah laku yang baik dengan linkungan belajar yang ada di sekitarnya. 2) Kontribusi Pembelajaran Kitab Akhlaq Lil Banin Dalam Membentuk Akhlak santri Madrasah diniyah Darus Shobiy Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kepada Guru dikembangkan melalui pendekatan habitualisasi humanistik integratif yaitu pembiasaan melakukan nilai-nilai kemanusiaan yang terintegrasi dalam kegiatan sehari-hari.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024