Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam

PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN IBNU KHALDUN

Mukharomah (Unknown)
Hilwa Nurul Fikriyah (Unknown)
Fatimah Azzahra Salim b (Unknown)
Herlini Puspika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Ibnu Khaldun merupakan salah satu pemikir Islam yang mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Ibnu Khaldun paling dikenal sebagai sejarawan dan pakar sosial. Sebagaimana tertuang dalam karya ``Muqoddimah'', gagasan pendidikan bukan hanya sekedar konsep yang berkaitan dengan pendidikan, tetapi juga merupakan hasil pemikiran Ibnu Khaldun yang menekankan pada pendidikan. Pandangan Ibnu Khaldun mengenai pendidikan didasarkan pada konsep dan pendekatan filosofis dan empiris. Melalui pendekatan ini, ia mengemukakan visi pendidikan Islam yang ideal dan praktis Berdasarkan hasil penelitian literatur yang dilakukan, Ibnu Khaldun merupakan seorang tokoh besar dunia Islam dan mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi komunitas ilmiah dunia.Pemikiran Ibnu Khaldun sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari landasan pemikiran Islam. Ibnu Khaldun meyakini bahwa pendidikan merupakan hakikat keberadaan manusia. Ibnu Khaldun berpendapat bahwa tujuan pendidikan adalah mewujudkan masyarakat yang berbudaya dan memelihara kelangsungan hidup masyarakat yang sedang sekarat. Pandangan Ibnu Khaldun mengenai pendidikan didasarkan pada konsep dan pendekatan filosofis dan empiris. Melalui pendekatan ini, ia mengemukakan visi pendidikan Islam yang ideal dan praktis. Menurut Ibnu Khaldun, tantangan pendidikan adalah mampu mewujudkan masyarakat yang berbudaya dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu memperjuangkan kelangsungan hidup dan kemajuan masyarakat di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dhabit

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Artikel yang dimuat disini merupakan hasil penelitian, kajian dan gagasan di bidang pendidikan Islam dari para guru Pendidikan Agama Islam, pengawas PAI, dosen, pejabat dan pemerhati pendidikan Islam terutama Pendidikan Agama Islam di ...