Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran
Vol 1 No 4 (2024): Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran

Pengaruh Citra Terhadap Minat Anggota Dalam Menggunakan Jasa Pembiayaan Murabahah Di BMT Ta’awun Sumedang

Syifa, Mutiara (Unknown)
Abdullah, Dedem Ibnu (Unknown)
Muslim, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Pembiayaan murabahah merupakan salah satu akad yang sering digunakan oleh anggota BMT Ta’awun Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra BMT Ta’awun Sumedang dalam Menggunakan Jasa Pembiayaan Murabahah periode 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket. Teknik uji dan analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, regresi linear sederhana, dengan uji t dan koefisien determinasi (r2). berdasarkan hasil tabel dari kedua variabel indevenden yang dimasukkan ke model regresi, pengaruh citra BMT Ta’awun dan minat anggota dalam menggunakan jasa pembiayaan murabahah terlihat signifikan dari nilai signifikasi keduanya. Untuk Citra BMT Ta’awun nilai sebesar 0,936 atau 93,6%, dan minat anggota terhadap jasa pembiayaan murabahah nilai sebesar 0,944 atau 94,4%, untuk nilai constanta sebesar 19,105 dengan persamaan sistematika sebagai berikut : Y = 19,105 + 0,936 (X1) + 0,944 (X2) + e. maka adanya pengaruh citra BMT Ta’awun terhadap minat anggota dalam menggunakan jasa pembiayaan murabahah berdasarkan hasil analisis menggunakan SPSS versi 27.0.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

marketica

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran adalah jurnal akademik yang mengkhususkan diri dalam bidang pemasaran. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi platform bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi dalam membagikan pengetahuan, penelitian, dan temuan terkait dengan strategi pemasaran, perilaku konsumen, ...